Wednesday, November 16, 2016

Materi ICT : Membuat Tabel

Membuat Tabel di Ms. Word

Cara membuat tabel :


1. Letakkan kursor pada posisi tabel yang diinginkan.
2. Klik menu file INSERT, klik icon table
3. Tentukan jumlah kolom dan baris yang akan dibuat, kemudian klik untuk menyisipkan.


Selain itu, bisa menggunakan cara lain pada icon table, yaitu :
- Insert Table ( Membuat tabel dengan memasukkan jumlah kolom dan tabel yang diinginkan).
- Draw Table ( Membuat tabel dengan cara menggambar tabel ).
- Convert Text to tabel ( Membuat tabel dari teks yang ditandai).
- Excel Spreadsheet ( Menyisipkan tabel dengan format lembbar kerja Excel).
- Quict Tabel ( Membuat tabel Dengan template yang ada).


# Menggabungkan tabel satu dengan yang lain, dengan cara mengeblok tabel yang akan digabungkan, kemudian pada menu file layout, pilih icon merge and center.


# Memposisikan data yang ada di dalam tabel, dengan cara mengeblok data dalam tabel, kemudian pada menu file layout, pilih icon yang diinginkan pada menu tab alignment.


Membuat Tabel di Ms. Excel

Ketika membuka workbook yang terdiri dari beberapa worksheet anda akan menemukan tampilan sel, dimana sel-sel tersebut dapat membantu anda dalam membuat tabel pada microsoft excel. 

Langkah Pertama : 
1. Langkah pertama , pastikan anda telah masuk ke Ms.Excel . Anda dapat mengklik start kemudian dalam pencaharian anda dapat menuliskan Microsoft Excel. 
2. Apabila sudah tampil lembar kerja Ms. Excel maka anda dapat memblok kolom dan baris sesuai dengan kebutuhan anda.
3. Setelah itu anda dapat klik kanan pada area yang sudah anda blok , kemudian pilih format cell. Hal yang harus anda perhatikan adalah kolom dan baris masih dalam keadaan blok.
4. Apabila telah muncul dialog format cell maka anda dapat memilih tab Border.
5. Lanjutkan dengan mengklik icon outline dan inside kemudian klik OK . 
6. Setelah berhasil maka anda dapat melihat tampilannya bahwa lembar kerja excel sudah sesuai dengan kebutuhan anda.  

Langkah Kedua : 
1. Pertama-tama anda membuka tampilan Ms. Excel, apabila sudah tampil lembar kerja Ms.  Excel terbuka maka anda dapat menuliskan kolom sesuai dengan kebutuhan anda.
2. Dalam menuliskan kolom  disesuaikan dengan kebutuhan anda, misalnya anda membutuhkan 4 kolom dengan 4 baris yang berisikan No, Nama, Alamat dan Keterangan. Anda dapat menuliskan pada masing masing kolom. 
3. Setelah itu anda dapat mengklik kanan pada area yang sudah anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian pilih Bottom Border kemudian pilih icon sesuai dengan kebutuhan anda. 
4. Terakhir anda dapat melihat tampilan pada lembar kerja excel sudah sesuai dengan kebutuhan anda. 


No comments:

Post a Comment