Thursday, November 24, 2016

MATERI ICT : LOOKUP dan GRAFIK

A. Fungsi Lookup


Fungsi lookup digunakan untuk mengambil data dari sel lain untuk dijadikan referensi.

a. FUNGSI VLOOKUP adalah suatu fungsi untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun secara VERTIKAL.

Syarat penyususnan tabel: data pada baris pertama di susun berdasarkan urutan terkecil ke besar, misal ...-1,0,1,2,3..., atau A-Z, jika data belum urut gunakan perintah Sort untuk mengurutkan. Bentuk penulisan fungsi Vlookup :=VLOOKUP(lookup_Value;table_array;row_index_num;(range_lookup)

Deskripsi:
Lookup_value : Nilai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data
Tablel_array : Range data yang disusun mendatar/horisontal
Row_index_num :  Nomor urut baris untuk pmbacaan tabel. Dimulai dari baris yang paling atas.
 Range-loocup :  Merupakan nilai TRUE or FALSE. Mengindikasikan fungsi harus mencari nilai (TRUE), atau nilai sama persis (FALSE). Jika argumen ini tidak diisi maka Excel akan membacanya sebagai TRUE.

 Perhatikan contohnya di bawah ini,
 Tentukan Huruf dan Keterangan dari data tersebut; Langkah-langkah :

1. Klik cell E3
2. Ketik rumus =VLOOKUP(D4;$A$9:$B$12;2) Keterangan : D4 = Kolom yang akan diisi rumus A9:B12 = Array atau kolom yang diblok dari gol. 500000 2 = nomor kolom yaitu gaji pokok urutan 2
3. Beri tanda kunci pada array =HLOOKUP(D2;$A$8:$B$11;2) Dan tarik kebawah, maka hasilnya seperti dibawah ini.

b.  FUNGSI HLOOKUP adalah suatu fungsi untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun secara HORIZONTAL.

Perhatikan contohnya di bawah ini :
1. Hitunglah gaji pokok dibawah ini dengan menggunakan HLOOKUP
2. Tempatkan mouse/klik ke E2
3. Ketik rumus =HLOOKUP(D2;A8:D9;2) Tekan ENTER
4. Beri tanda kunci pada array =HLOOKUP(D2;$A$8:$D$9;2) Dan tarik kebawah, maka hasilnya sebagai berikut:

 B. GRAFIK

Grafik digunakan untuk mempermudah tampilan dari bilangan data menjadi bentuk gambar
(grafik/chart).
1. Pada kolom insert, klik chart

No comments:

Post a Comment