A. Fungsi Lookup
Fungsi lookup digunakan untuk mengambil data dari sel lain
untuk dijadikan referensi.
a. FUNGSI VLOOKUP adalah suatu
fungsi untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun secara VERTIKAL.
Syarat penyususnan tabel: data pada baris pertama
di susun berdasarkan urutan terkecil ke besar, misal ...-1,0,1,2,3...,
atau A-Z, jika data belum urut gunakan perintah Sort untuk mengurutkan. Bentuk
penulisan fungsi Vlookup :=VLOOKUP(lookup_Value;table_array;row_index_num;(range_lookup)
Deskripsi:
Lookup_value : Nilai dasar (nilai kunci) pembacaan
tabel data
Tablel_array : Range data yang disusun
mendatar/horisontal
Row_index_num : Nomor urut baris untuk pmbacaan tabel.
Dimulai dari baris yang paling atas.
Range-loocup : Merupakan nilai TRUE or FALSE.
Mengindikasikan fungsi harus mencari nilai (TRUE), atau nilai sama persis
(FALSE). Jika argumen ini tidak diisi maka Excel akan membacanya sebagai TRUE.
Perhatikan contohnya di bawah ini,
Tentukan Huruf dan Keterangan dari data tersebut;
Langkah-langkah :
1. Klik cell E3
2. Ketik rumus
=VLOOKUP(D4;$A$9:$B$12;2) Keterangan : D4 = Kolom yang akan diisi rumus
A9:B12 = Array atau kolom yang diblok dari gol. 500000 2 = nomor kolom yaitu
gaji pokok urutan 2
3. Beri tanda kunci pada
array =HLOOKUP(D2;$A$8:$B$11;2) Dan tarik kebawah, maka hasilnya seperti
dibawah ini.
b. FUNGSI HLOOKUP adalah suatu fungsi untuk
menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun secara HORIZONTAL.
Perhatikan contohnya di bawah ini :
1. Hitunglah gaji pokok dibawah ini dengan menggunakan
HLOOKUP
2. Tempatkan mouse/klik ke E2
3. Ketik rumus
=HLOOKUP(D2;A8:D9;2) Tekan ENTER
4. Beri tanda kunci pada array
=HLOOKUP(D2;$A$8:$D$9;2) Dan tarik kebawah, maka hasilnya sebagai berikut:
Grafik digunakan untuk mempermudah tampilan dari bilangan
data menjadi bentuk gambar
(grafik/chart).
1. Pada kolom insert, klik chart
No comments:
Post a Comment